Saturday, 6 May 2017

How to Get Rid of My Acne

Sebagai orang yang punya wajah oily dan acne-prone, aku udah nyobain berbagai macam cara buat ngilangin jerawat. Mulai dari cara yang alami, produk dari apotek, sampai konsultasi ke klinik, semua udah aku cobain. Ada beberapa yang beneran bisa ngilangin jerawat, tapi ada juga yang nggak ngaruh apa-apa di kulitku.


Aku mau cerita dikit, pertama aku jerawatan itu kelas dua SMA. Nggak tau ini beneran atau sugesti, tapi aku ngerasa kalo aku jerawatan gara-gara ngejekin sepupuku yang jerawatan duluan hahaha terus pas dia sembuh malah aku yang jerawatan. Temen-temen juga pasti pernah kan kebetulan tumbuh jerawat pas udah bercandain orang yang jerawatan? Waktu itu aku masih cuek-cuek aja, malah mama yang sibuk nyari ini itu biar nisa ngilangin jerawatku. Pas udah mulai parah, baru aku panik banget dan ikut nyari-nyari cara yang bisa ngobatin jerawat.

Jadi, aku mau share tentang cara-cara aku ngilangin jerawat di wajahku, aku bakal kasih nilai satu sampai lima, semakin tinggi nilainua berarti semakin aku suka dan semakin ampuh caranya buat ngilangin jerawat di wajahku. Aku mau tekanin kalo aku bukan ahli dalam bidang ini, post ini cuma berdasarkan pengalaman aku aja, dan nggak semua yang cocok di kulit aku juga cocok di kulit temen-temen, begitu juga sebaliknya, karena pada dasarnya semua kulit itu berbeda dan cocok-cocokan sama skincare atau perawatan lainnya.

source click here

1. Es Batu (4,5)
My holy grail! Aku suka banget ngompres jerawat pake es batu ini, soalnya es batu bakal nenagin jerawat yang lagi meradang. Nggak cuma buat jerawat aja, tapi es batu juga bisa buat kulit yang iritasi, buat ngecilin pori-pori, dan mengontrol minyak di wajah.

Kalo lagi jerawatan aku biasanya kompres pake es tiga kali dalam sehari, pagi, siang, dan malem. Kompres aja di wajah yang berjerawat sampai esnya cair. Es batu nggak bakal bikin jerawatnya mateng, tapi bakal bikin jerawat kempes, mengecil, dan akhirnya ilang. Kekurangan dari es batu ini adalah bikin kulit kering, jadi nggak aku rekomendasiin buat temen-temen yang punya tipe kulit kering.

source click here
 
2. Lemon (4)
Lemon ini emang beneran ajaib banget ya? It’s work like a magic on my skin! Cuma setelah beberapa menit dikompres di jerawatku, pasti jerawatnya langsung mateng yang keluar putih-putihnya gitu dan bakal cepet kering, terus ilang deh. Senengnya lagi dia nggak bakal ninggalin bekas (kecuali kalo jerawatnya dipegang-pegang terus). Yang aku nggak suka dari pake lemon ini adalah rasanya tuh campuran antara gatel dan perih, apalagi kalo dikompres di jerawat yang baru mau tumbuh, rasanya gatel, perih, dan cekit-cekit banget nggak karuan.

Biasanya aku nggak pake lemon langsung ke kulitku. Cara aku pakenya adalah peras lemonnya sampai bener-bener air dan nggak ada bulir-bulirnya, abis itu rendem kapas di air perasan lemon tadi, setelah semua bagian kapas kerendam baru dikompresin ke jerawat, lamanya tergantung temen-temen aja, bisa sepuluh sampai lima belas menit, tapi kalo aku biasanya sampai kapasnya kering. Kenapa aku prefer pake kapas dari pada ngeaplikasiin langsung lemonnya ke kulit aku? Soalnya kapas di sini fungsinya sama kaya kapas di sheet mask yang berfungsi buat ‘memaksa’ dan menahan essence biar masuk ke kulit kita dan nggak banyak yang menguap.

source click here

3. Aspirin + Madu (3)
Yap! Temen-temen nggak salah baca. Aspirin bisa ngilangin jerawat soalnya aspirin punya kandungan pure Salicylic Acid tanpa tambahan apapun. Pertama kali aku tau cara ini tuh dari videonya Kak Suhay Salim. Pas aku cobain emang bener ampuh buat ngilangin jerawat, tapi kita harus sabar soalnya emang butuh waktu yang nggak sebentar. Jerawat bakal mateng dengan sendirinya terus lama-lama kering.

Caranya ambil satu atau dua butir aspirin sesuai kebutuhan masing-masing, gerus sampai bubuk dan campur dengan madu secukupnya. Setelah tercampur olesin di jerawatnya dan diemin selama sepuluh sampai lime belas menit, abis itu bilas dengan air hangat.

Bahan utamanya itu aspirin, di sini madu berfungsi sebagai media yang nempelin bubuk aspirinnya di kulit kita, soalnya kalo cuma aspirin campur air aja nggak bakal bisa bener-bener nempel di kulit kita. Jadi, madunya bisa temen-temen ganti bahan alami lain, kaya aloe vera gel misalnya.

source click here

4. Pasta Gigi (2,5)
Pertama kali aku tau pasta gigi bisa nyembuhin jerawat itu pas aku lagi sakit demam dan periksa ke dokter, kebetulan pas itu aku lagi jerawatan parah waktu SMA. Waktu periksa kayaknya dokternya notice kalo aku lagi jerawatan parah dan tiba-tiba dia bilang kalo jerawat bisa disembuhin pake pasta gigi. Jadi pulang dari dokter itu aku langsung nyobain nyembuhin jerawat pake pasta gigi. Caranya totolin aja pasta gigi di kulit yang berjerawat, emang sih bikin jerawat kering tapi sayangnya ninggalin bekas item di jerawat yang kering itu dan bekasnya rada lama ilangnya, non recomended.




source click here

5. Acnes Point Clear (2,5)
Baca-baca review tentang produk ini ternyata banyak yang bilang kalo produk ini nggak ngaruh apa-apa di jerawat. Kalo di kulitku emang Acnes roll on ini nggak cocok buat jerawat yang udah tumbuh, tapi kalo diolesin ke bayi jerawat yang baru mau tumbuh, yang baru kerasa rada sakit sakit gatel dan baru keliatan rada merah muda gitu pasti calon jerawatnya kempes dan nggak jadi tumbuh. Jadi, menurut aku produk ini emang lebih ngaruh buat calon bakal jerawat, bukan bukan jerawat yang udah terlanjur tumbuh.

source click here

6. Benzolac CL 5% (4)
Benzolac CL 5% adalah obat jerawat pertama aku, mama yang beli dan nyuruh aku pake ini. Setelah aku ngerti aku baru sadar, nekat banget ya langsung pake yang 5%? Syukurnya cocok dan nggak tambah parah. Dulu aku cocok banget pake ini, dipake semalem aja besoknya langsung mateng dan cepet keringnya. Keadaan wajah aku baikan banget setelah pake ini, dan banyak orang yang notice kalo jerawat aku berkurang drastis banget. Hal yang aku nggak suka dari produk ini adalah tingling sensationnya itu loh gatel-perih-cekit-cekit nggak karuan banget, terus dia juga ninggalin bekas hitam.

Tapi, itu dulu! Beberapa waktu lalu pas aku lagi stress-stressnya sama bruntus kecil di wajah aku akhirnya nyobain pake produk ini lagi, dan ternyata…… parah! Ninggalin bekas di wajah aku kaya bekas kebakar gitu, hitam, perih, dan kering. Panik banget parah, untung waktu itu lagi long weekend jadi nggak ke kampus. Dua hari kemudian akhirnya bekas yang kaya luka bakar itu ngelupas sendiri, and guess what? Bruntusnya masih ada dong sedih banget, terus di balik luka bakar yang ngelupas itu ternyata ninggalin bekas hitam juga tapi agak samar dan nggak kering, kayak dark spot biasa. Kayaknya aku emang udah nggak cocok lagi pake produk ini.


7. Ercha Clinic (4)
Pertama masuk kuliah dulu mama nyaranin aku buat konsultasi ke Erha Clinic. Akhirnya aku konsultasi dan rutin pakai produk dari Erha selama kurang lebih dua tahun. Gimana efeknya? Jujur, selama pemakaian produk Erha dan rutin konsultasi itu tahun di mana wajah aku bener-bener ada dalam keadaan terbaik selama ini. Jerawat bener-bener ilang dan cuma muncul waktu lagi dapet tamu bulanan aja, itupun cuma sehari dua hari langsung kering dan ilang jerawatnya, warna kulitnya merata, bekas jerawat dan bruntus-bruntus kecil juga bener-bener ilang, wajah jadi bersih banget, mulus, cerahan, dan lembab. Bener-bener masa kejayaan buat wajah aku hahaha.


Terus gimana pas udah lepas dari klinin? Apa bikin ketergantungan? Hmm, jujur, engga. Emang wajah aku nggak se-wow pas masih rutin pake produk Erha, tapi seengganya wajah aku nggak langsung breakout. Aku pernah nonton videonya Kak Affi Assegaf yang bilang kalo ketergantungan atau engganya kita pada obat dokter itu balik lagi ke diri sendiri. Kalo waktu dulu masih rutin pake obat dokter, kita bener-bener nurut apa yang disaranin dokternya, rajin konsultasi, nggak bolong-bolong pake produknya, pas lepas dari obat dokter itu pasti kita nggak bakal ngerasa wajah langsung balik ke awal, kita nggak bakal ngerasa ketergantungan.

-----
Jadi, itu hal-hal yang aku coba buat ngilangin jerawat aku selama ini. Syukur, sekarang jerawat aku udah nggak separah dulu waktu SMA, yah walau kadang masih rada bandel jerawat-jerawat di wajah. Oh iya, selama masa peyembuhan jerawat (dan baiknya sih seterusnya) harus ada beberapa kebiasaan yang dilakuin, kayak minum air putih minimal delapan gelas sehari, tidur sebelum jam sepuluh malam, jangan bergadang, rajin olah raga, banyak makan sayur dan buah, ngurangin makan makanan berminyak, dan jangan stress. Semoga bisa ngebantu ya! Kalo temen-temen gimana? Apa sih cara ampuh kalian buat ngilangin jerawat?


3 comments:

  1. Aku dulu klo jerawatan suka panik.
    Pasti langsung cepet2 ke klinik kecantikan biar jerawatnya cepet ilang.

    Klo skg mah aku biarin aja, ntar juga ilang sendiri.
    Asal penyebab jerawatannya udh ketauan.

    Ini skg lagi break out parah, tapi aku biarin aja.
    Cuma aku stop pemakaian produk yg bikin break out :).

    Nice post btw.


    http://kireinoclouds2.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Great review! Aku baru tau kalo es batu bisa membantu menenangkan jerawat, boleh nih dicoba.. kebetulan kulitku juga oily jadi nggak takut kering sih :D Btw, dulu aku juga coba pake pasta gigi buat kempesin jerawat.. dan emang malah ninggalin bekas dan pas dipakein juga agak perih, jadi kapok deh :(
    Anyway, thanks for sharing!

    http://reveriends.com

    ReplyDelete
  3. Postnya ngebantu banget nih buat sodaraku yang lagi berjuang ngilangin jerawatnya. Thanks for sharing yaa :)

    Btw aku follow blog kamu, mind to followback? :)

    noonaday.blogspot.co.id

    ReplyDelete